Home » Bertanggung Jawab dalam berorganisasi » Menjadi Pemimpin Yang Efektif

Menjadi Pemimpin Yang Efektif

Sebagai pemimpin, Anda memiliki tanggung jawab lebih untuk bisa menyelesaikan suatu tugas. Agar pekerjaan Anda bisa dikerjakan dengan baik dan efisien, Anda pun harus bisa menjadi pemimpin yang efektif serta menginspirasi anggota kelompok.

Kenali diri dan terbuka untuk perkembangan

Belajar menjadi seorang pemimpin yang sukses tentunya harus dimulai dengan mengenal diri Anda sendiri. Menurut John C. Maxwell dalam buku The 21 Indispensable Qualities of a Leader: Becoming the Person Others Will Want to Follow, seorang pemimpin harus bisa mengindentifikasi apa saja kelebihan dan kekurangannya. Tak hanya itu, mereka juga harus bisa terbuka dengan metode serta ide-ide baru dari tim.

Bangun tujuan dan berkomitmen

Saat berperan menjadi pemimpin, Anda harus menentukan apa tujuan yang ingin dicapai dan langkah apa saja yang Anda inginkan untuk bisa mencapainya. Anda harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan ide kepada kelompok, tapi bukan berarti Anda mengerjakannya sendiri. Biarkan mereka memberi masukan yang sekiranya berguna untuk pencapaian tujuan itu.

Kenali tim dan jalin persahabatan

Jadikan tim sebagai sahabat Anda, beri mereka motivasi, dan kenali masing-masing orang yang ada di tim Anda. Untuk pencapaian tujuan itu pula, Anda harus siap sedia untuk memberikan saran dan dukungan. Pemimpin juga memiliki tanggung jawab untuk bisa menciptakan lingkungan yang menyenangkan, energik, dan bermanfaat bagi kelompok.

Komunikasi, bicara, dan dengarkan

Pastikan pula komunikasi berjalan dua arah. Mungkin terkesan sederhana, tapi masih banyak pemimpin yang tidak melakukan kedua komunikasi itu dengan efektif. Anda tidak hanya harus bisa berbicara dengan baik kepada kelompok, tapi Anda juga harus bisa mendengarkan opini dan pendapat anggota kelompok. Sesekali bertanya tentang perkembangan mereka dan apakah ada yang bisa Anda bantu juga merupakan bentuk komunikasi yang memungkinkan pencapaian tujuan.

Evaluasi dan apresiasi

Lihat perkembangan yang telah dicapai kelompok tiap hari, tiap minggu, hingga tiap bulan. Evaluasi apa saja yang sudah mereka kerjakan, bagian mana yang kurang dan bagian mana yang sudah diselesaikan dengan baik. Jangan lupa untuk selalu beri penghargaan untuk anggota kelompok yang bekerja dengan baik. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memberi motivasi kepada kelompok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s