Home » Pentingnya bertanggung jawab » Amanah dalam berorganisasi

Amanah dalam berorganisasi

Dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi kepemimpinan merupakan hal yang tidak asing lagi. Kepemimpinan merupakan hal yang sangat penting, karena kepemimpinan adalah proses pengendalian dalam suatu organisasi.  Kepemimpinan bisa dikatakan sebagai system kinerja dalam suatu instansi atau organisasi yang mempunyai tujuan tertentu. Dalam kehidupan dimasyarakat kepemimpinan suatu organiasai akan dijabat oleh pemimpin. Pemimpin adalah sosok yang mempengaruhi,memimpin dan memberi bimbingan kepada yang dipimpin dalam suatun organisasi. Sehingga pemimpin adalah sosok yang sangat penting dalam suatu organisasi. Pemimpin akan membawa suatu organisasi kearah mana dan kearah yang bagaimana, sehingga kemajuan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh pemimpin. Ketika pemimpin mampu mewujudkan visi, misi dan tujuan suatu organisasi maka pemimpin akan mampu membawa organisasi ke yang lebih baik untuk perkembangan organisasinya. Menjadi seorang pemimpin dalam suatu organisasi tidaklah  mudah karena harus ada syarat yang harus dipenuhi antara lain:

1. Memiliki keahlian dalam jabatan yang dipimpin. Bila pemimpin tidak memiliki keahlian pada bidang yang dipimpinnya, tanpa memiliki keahlian tidak mungkin akan menjadi pemimpin karena keahlian merupakan syarat utama pemimpin dalam kepemimpinan suatu organisasi.

2. Tegas dan Percaya diri. Menjadi seorang pemimpin harus tegas dalam memutuskan Sesuatu dan percaya pada diri sendiri agar dalam memimpin suatu organisasi tidak dengan ragu-ragu.

3. Kreatif , inovatif

4. Jujur, adil dan dapat dipercaya.

Dalam islam telah dijelaskan bahwa sebagai pemimpin harus adil, jujur dan dapat dipercaya. dalam QS. Ibrohim ayat 28 yang artinya “Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah[789] dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?,” (789)  Yang dimaksud dengan nikmat Allah di sini ialah perintah-perintah dan ajaran-ajaran Allah. Berdasarkan ayat diatas jelas bahwa seorang pemimpi tidak boleh menyebabkan rakyatnya jatuh pada kebinasaa. Apajadinya bila pemimpin tidak menjalankan perintah-perintah Allah yaitu dengan  tidak dapat adil,jujur dan tidak dapat dipercaya. Seperti contonya di Negara kita ini, pemimpin yang telah dipercaya oleh rakyat untuk menjadi wakilnya ternyata tidak seperti apa yang dikehendaki rakyat, mereka justru menyia-nyiakan kepercaaan yang telah rakyat berikan. Mereka mengorupsi uang-uang yang bukan haknya.

5. Tanggung jawab

6. Sabar dan memiliki kestabilan emosi. Seorang pemimpin hendaknya memiliki sifat sabar. Jangan mudah kecewa dan memperlihatkan kekecewaannya dalam menghadapi sebuah kegagalan atau kesukaran ataupun sebaliknya  jangan mudah bangga dan sombong jika kelompokya berhasil.  Pemimpin dalam islam tidak hanya mereka yang memimpin organisasi melainkan semua manusia yang ada di muka bumi adalah pemimpin,hal ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang artinya: “ kalian semua adalah penggembala, dan akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaanya. Imam adalah penggembala, kelak dia akan dimintai pertanggungjawaban tentang gembalannya. Seorang laki-laki penggembala istrinya, kelak dia akan dimintai pertanggungjawaban tentang gembalaanya. Seorang wanita penggembala dalam rumah suaminya, kelak dia akan dimintai pertanggungawaban tentang gembalaanya. Seorang pelayan penggembala bagi harta tuannya, kelak dia akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaanya. Seorang anak penggembala harta ayahnya, kelak dia akan diminta pertanggungjawaban tentang gembalaanya. Kalian semua adalah penggembala, kelak akan dimintai pertanggungjawaban tentang gembalaanya “. (HR. Bukhori dan Muslim) [1] . Maksud penggembala diatas adalah pemimpin. Berdasarkan hadits tersebut Kita semua adalah pemimpin meskipun bukan pemimpin organisasi melainkan pemimpin akan diri kita sendiri bagaimana cara mengendalikan hawa nafsu untuk melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Jika kita dalam memimpin diri kita sesuai dengan apa yang telah diajarkan Allah, maka ketika menjadi pemimpin suatu organisasi maka akan dapat memimpin yang baik.

Sumber: nixmahoptimiz.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s